Monday, April 26, 2004

Kejutan-kejutan dalam hidup [updated]

Coba bayangin kalo kamu lagi meeting serius ama boss, trus tiba2 datang si gendut gila tereak-tereak "WOOOIIII SEKARANG SIMPATI BEBAS ROAMIIIIING !!!". Mungkin saat itu boss kamu lanxung kena serangan jantung atau temen kantor kamu ayannya kumat, nah sementara gw mungkin bakal kentut tanpa silent mode dan tanpa perlu nyicil kentut dikit-dikit sambil ngangkat sebelah pantat hehe. Bakal seru harimu kalo emang ada kejadian kaya gitu dalam kehidupan kamu.

Kita memang butuh kejutan-kejutan dalam hidup. Sangat memboringkan tentunya kalo hidup statis datar-datar gitu aja. Terkadang kehidupan yang hanya berjalan normal setiap hari akan membuat kita cepat jenuh. Bangun pagi di waktu yg sama setiap harinya, mandi di kamar mandi yg itu-itu aja, pergi kerja naik bus dengan rute yang sama, kerja di meja yang itu-itu lagi, ketemu temen kerja yg itu-itu juga, selesai kerja lalu pulang ke rumah yang sama seperti kamu tinggalkan tadi pagi. Kalau itu selalu terjadi setiap hari kerja selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, maka kamu akan merasa jenuuuuuuh bangeeett, bukan begitu bukan?

Akan lain ceritanya kalo suatu pagi weker kamu ga bunyi dan kamu terlambat. Kamu panik dan lanxung ke kamar mandi buat mandi *iya lah, masa makan* dan ternyata air dari PAM ga ngalir. Dengan terpaksa pagi itu kamu ga mandi atau kamu mungkin berniat mandi di toilet kantor. Kamu lari-lari ke jalan mengejar bis kota dan ternyata kamu naik bis rute yang salah. Celakanya kamu baru sadar setelah bis itu melaju entah kemana. Dengan tingkat kepanikan yang tinggi kamu mungkin buru-buru ke arah pintu untuk turun. Tapi sopir bis bilang "wah ga bisa mas, bis ini kalo kecepatannya kurang dari 50 mil per jam bakal meledak". Mampuss.

Kamu pasti akan meyakinkan diri kamu sendiri kalo kamu itu sedang bermimpi. Tapi gimana kalo serangkaian hal-hal sial itu memang benar-benar terjadi? Hmm kalo semua hal itu terjadi, maka sebagai pria berwajah mirip Aa Nunu ditabok gitar listrik, gw akan mencoba menjinakan bom dan mengevakuasi penumpang, dan akhir cerita gampang ditebak, simple : bisnya meledak nabrak pesawat. Lalu nyampe kantor udah pasti telat dan saat boss gw nanya,
boss gw: kenapa kamu telat?
gw : critanya gini pak, bla bla bla, lalu gini gitu, lalu bla bla bla...
boss gw: hmm sound interesting, kamu saya kasih cuti permanen dan ini surat pengantar ke RSJ terdekat...

Atau saat mo naik ke lantai 23 lalu terjebak di lift berdua bareng ce cakep yang mo ke lantai 20. Wah kalo yang kaya gini sih gw mau banget tiap hari juga heheh.

Kadang kita mengutuk sejadi-jadinya saat kita mengalami kejadian tak terduga yang tidak diinginkan. Tetapi hal itu sebenarnya justru akan mewarnai kehidupan kita dalam menjalani rutinitas harian. Setelah kejadian itu mungkin kita akan tertawa sendiri melihat kekonyolan yang baru saja terjadi. Kaya waktu gw prensentasi di depan team dengan ujung kemeja putih yang nongol dari balik retseleting gw yg kebuka. Hehehe, silly but true :D

Update, May 2, 2004
Berdasarkan tulisan ini dari blognya Erly, maka besarnya kejutan dapat dirumuskan dengan persamaan dari Hukum Kejutan sebagai berikut :

Hukum Kejutan (Surprise Law) : jika x = nilai probabilitas suatu kejadian dan 0 < x < 1, maka besarnya kejutan = (c * f ) / x, dimana c = konstanta kejutan dan f = faktor pengejut.
Nilai f tergantung pada individu, misalnya orang kagetan akan memiliki nilai f yang tinggi.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home