Tuesday, March 09, 2004

The 10th Planet in our Solar System

SOLAR SYSTEMPernah denger planet ke-10 dalam tata surya kita? Baru tahu kalo ternyata dalam sistem tata surya kita itu ada 10 planet? Hwadooohh kemana aja 6000 tahun terakhir niih heheh. Bangsa Sumeria mendeskripsikan tata surya dalam bentuk sistem 12 planet. Matahari, 9 planet, bulan dan satu planet lagi yang disebut 'Nibiru', yang artinya 'Planet of the Crossing'.

Deskripsi orang Sumeria tentang planet ini persis sama dengan spesifikasi dari Planet X (the Tenth Planet). Planet ini terkuak oleh para astonom di awal dekade 1990'an. Saat itu para astronom di United States Naval Observatory mencoba mengetahui penyebab gangguan lintasan KRL Depok Ekspress Uranus dan Neptunus. Berdasarkan perhitungan, gangguan pada lintasan orbit Uranus dan Neptunus ini terjadi akibat sebuah planet yang should be two to five times more massive than Earth dan memiliki a highly elliptical orbit yang jauhnya kira-kira 5 milyar mil dari Pluto. Gak usah dibandingin ama Sudirman-Depok, jauh deh pokonya.

MAIN ORBITALYou might be wonder, kenapa tuh planet bisa ngeganggu lintasan orbit planet lain? Begini ceritanya, dalam sistem tata surya kita planet2 mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips. Nah dua planet terakhir yaitu Pluto dan Planet X memiliki highly elliptical orbit (liat gambar sebelah), dengan kata lain lintasan ke dua planet ini jauh beda ama ke delapan planet lainnya. Adakalanya saat ke dua planet ini melintasi orbitnya memiliki jarak yang cukup dekat dengan planer lain sedemikian sehingga gravity force yang dihasilkan dapat mengganggu lintasan orbit. Pluto dengan massa yang kecil tidak menghasilkan gravity force yang mampu mengganggu lintasan orbit, tetapi Planet X mampu karena massanya cukup besar dan massive.

Lalu apa bedanya nih planet ama komet, kan sama2 highly elliptical orbit? Jelas beda dunk, komet itu terdiri dari debu dan gas. Nah kalo Nibiru itu planet yang massive. Trus kapan kita bisa liat Nibiru melintas lagi? Kenapa emangnya, kangen? Wah jangan tanya gw dunk, lah gw aja yang kangen ama mademoiselle cantik jelita, ketemunya susah :((

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home