Monday, March 01, 2004

Bluejacking

Hello, you've been bluejacked !
Bluejacking itu singkatan dari Bluetooth dan ajack atau hijacking. Bluetooth itu adalah salah satu metoda komunikasi nirkabel yang biasa dipake pada ponsel, PDA, laptop deelel. Bluetooth menggunakan gelombang radio dalam pengiriman data dan informasi. Bluetooth disini maxudnya adalah Bluetooth-enabled devices yang bisa ngirim data kaya phonebook contact, pic, notes, deelel ke Bluetooth-enabled devices lainnya dalam jangkauan sekitar 10 meter.

Dengan ponsel yang memiliki fasilitas Bluetooth, kita bisa create phonebook contact trus tulis pesan "hai cantik, kamu saya bluejacked ;)" pada kotak "Name". Lalu search ponsel lain yang bluetooth-nya sedang aktif dan send phonebook contact tadi ke dia. Si "korban" akan menerima pesan tadi pada ponselnya tanpa mengetahui identitas pengirim. Bisa jadi si penerima *kalo kebetulan ce* akan terbang2 kegeeran sambil liat kanan kiri depan belakang atas bawah mencari tahu siapa gerangan si pengirim. Jadi begitulah kira2 yang namanya bluejacking.

"Hijacking" disini bukan dalam arti hijacking sesungguhnya karena kita tidak mengakses atau mengambil data pribadi si korban. Bahkan kita malah ngasih data kok heheh :p

Nah, lalu gimana caranya melakukan bluejacking?
1. Ponsel kamu harus memiliki fasilitas Bluetooth, hp djaman djebot djangan harap deh :p
2. Aktifkan Bluetooth devices di ponsel kamu.
3. Pastikan ponsel kamu discoverable oleh Bluetooth devices lain. Cari tempat rame kaya cafe, resto, bioskop, shopping centre deelel.
4. Create contact, tulis pesan kamu sebagai "Name".
5. Pilih "Send via Bluetooth", ponsel kamu bakal nyari ponsel yang Bluetooth-enabled dalam jangkauan.
6. Ponsel kamu akan menampilkan list ponsel yang Bluetooth-enabled. Pilih calon "korban" lalu send.

Lalu kenali korban, kalo kamu ngirim pesan "hai angora cantik,," tapi ternyata pesan kamu nyampe ke pria-sangar-berotot-bertato bajaj, segera matikan Bluetooth devices kamu lalu kabur demi keselamatan. Ini bukan angora, tapi macan laper :p Tapi kalo si penerima adalah gadis-cantik-jelita-bermata indah-berambut panjang, boleh deh kamu jalan di belakang dia and whispering "mmiiiaauww sweetie".

Wokeh, kamu boleh coba kalo kamu punya ponsel yang ada fasilitas Bluetooth-nya. As far as I know, bluejacking bisa dilakukan dengan ponsel Sony Ericsson P-800 dan P-900 terhadap ponsel yang bluetoothnya aktif tanpa password *umumnya Nokia*

That's all folks, good luck :)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home