Friday, February 20, 2004

Banjirrrr....

Hujan deras di Jakarta udah mulai bikin banjir di beberapa daerah tertentu. Buat yang tempat tinggalnya kebanjiran, sabar aja yah. Juga buat yang ga bisa ngantor gara-gara akses menuju kantor kebanjiran, bahasa kerennya Destination unreachable hehe. Jangan sedih gitu dong gara2 kangen baca blog gw *ge'er kronis stadium 3 gw kumat*.

Sebenernya sih banjir ini penyebabnya bukan gara2 ujan. Jangan nyalahin ujan dong, ujan kan anugerah. Sedjak djaman Nabi Adam juga yang namanya ujan deres sih udah ada, tapi kan ga banjir. Menurut gw sih *bahasa kerennya : IMHO* banjir di Jakarta itu gara2 perencanaan dan tata kotanya payah, juga kelakuan orang2 Jakarta yang suka buang sampah sembarangan.

Ngomong tata kota, gw jadi inget game Sim City. Itu looh game simulasi tata kota yang ga ada game overnya kecuali kita udah bosen hehehe. Nah sekarang ada game simulasi tata kota tentang penanganan banjir. Game ini namanya FloodRanger.

Game yang dikembangkan oleh Discovery Software ini merupakan bagian dari DTI's Foresight flood defence project. FloodRanger memiliki skenario simulasi berupa region fiktif dengan periode lebih dari 100 tahun. Game ini dapat menolong para insinyur dan perencana kota mengatur strategi menanggulangi banjir di kehidupan nyata.

Player game ini dihadapkan dengan pengambilan keputusan pada beberapa skenario dan kejadian2 tak terduga lainnya. Player bisa milih 2 skenario global ekonomi dan 4 model perubahan iklim. Kemudian player bisa membangun pertahanan terhadap banjir kaya dam, reservoir atau tembok. Pokonya ciptakan rasa aman pada publik, cieee.

Dengan budget dari dana pinjaman dan laporan kemajuan setiap dekade, player harus cukup menyediakan lapangan kerja, perumahan dan infrastruktur untuk publik. Kalo player ga becus menangani hal2 kaya tadi ditambah lagi terjadi banjir ato bencana alam lainnya, maka publik bakalan ga suka dan siap2 aja game over, waak waaaawww.

Region dalam skenario game dibuat dengan model hidrologikal ke dalam lansekap 3 dimensi dan juga memberikan informasi tentang curah hujan, drainase, pasang surut pantai, iklim dan topografi.

Nah kayanya pegawai pemda DKI yang ngurusin tata kota kayanya harus sering2 maen game begini nih. Biar tau kalo bikin perencanaan wilayah dan kota itu jangan sembarangan.

ps :
I like a rainy day, gw jadi inget saat hujan gw jalan sepayung berdua bergandengan tangan di kampus UI Depok dengan seorang gadis cantik jelita yang pernah mengisi hidup gw. Kalo kamu baca postingan ini, kuliah yang rajin and take care yaa :) I miss u...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home