Wednesday, January 28, 2004

3 in 1

Senin kemaren adalah hari pertama pelaksanaan peraturan 3 in 1 di beberapa ruas jalan utama di Jakarta. Bukan hanya penambahan ruas jalan yg kena 3 in 1 tapi juga waktu berlakunya yg lebih lama. Dampaknya lumayan, jalan Sudirman yg biasanya macet kini lengang kaya hari Sabtu - Minggu. Tapi bukan berarti masalah kemacetan lalu lintas langsung teratasi, karena kenyataannya kemacetan berpindah ke ruas-ruas jalan sekitarnya kaya Menteng, Kuningan dll.

Sumber dari kemacetan lalu lintas adalah tingginya volume kendaraan di jalan raya. Jadi kalo suatu ruas jalan dibatasi maka pengguna jalan akan mengalihkan arah ke ruas jalan lain. Dengan kata lain hanya memindahkan kemacetan dari suatu titik ke titik lain.

Lalu gimana solusi mengurangi kemacetan lalu lintas? Simple, mengurangi volume kendaraan[1] di jalan. Kalo kita liat maka kendaraan yg menuh2in jalanan adalah kendaraan umum dan pribadi. Mana yang paling banyak diantara keduanya gue ga tau pasti, tapi kayanya sih kendaraan pribadi. Udah gitu kadang isinya cuma 1 ato 2 orang, jelas aja pemerintah bikin peraturan 3 in 1 buat ngebatasin.

Apa lantas dengan 3 in 1 masalah kemacetan lalu lintas di Jakarta selesai? Ya ga juga, karena kaya yang gue bilang tadi, 3 in 1 hanya memindahkan kemacetan, bukan mengurangi kemacetan. Kemacetan bisa teratasi jika terjadi penurunan volume kendaraan[2] di jalan raya. Salah satunya adalah gimana caranya "memindahkan" penumpang kendaraan pribadi ke kendaraan umum dan tidak sebaliknya. Jelas dong, kan ga mungkin orang yg biasanya naek metromini besoknya disuruh naek bmw seri 7 kalo mo bepergian.

Menurut gue ada banyak cara buat mindahin penumpang kendaraan pribadi ke kendaraan umum,
1. Bikin RMT (Rapid Mass Transport) yg nyaman dan terjangkau. Nyaman disini mencakup sampe kondisi pengguna RMT merasa nyaman sampe tujuan, ga kucel, ga kecopetan, ga ditegur atasan gara2 telat dll. Juga terjangkau, selain murah juga sampe ke tahap pengguna RMT ga perlu menggunakan kendaraan pengumpan ato feeder[3] sampe berkali2. Contoh RMT di Jakarta adalah busway (rapid kalo busway-nya ga mogok di tengah jalan).

2. Bikin jalanan jadi macet sekalian, semakin macet semakin bagus, jadi pengguna kendaraan pribadi akan mikir 17 kali[4] kalo mo bepergian pake kendaraan pribadi.

3. Naikin tarif parkir sampe tarif parkir + biaya bbm dari rumah ke tempat tujuan jadi jauuuh lebih mahal daripada ongkos taksi dari rumah ke tempat tujuan. Pengguna kendaraan pribadi akan mikir 13 kali[5]. Tarif parkir yang tinggi tadi bisa untuk mensubsidi biaya operasional RMT.

4. Road Pricing, artinya penghargaan jalan, jadi kita harus menghargai jalan kaya dilarang pipis di jalan gitu loh hehe... Maksudnya pengguna ruas jalan mesti bayar kaya lewat tol, kalo perlu berlaku buat semua ruas jalan dg harga yg beda-beda, misalnya kalo lewat Sudirman bayar ceban, lewat Thamrin goceng, lewat Benhil cenggo. Dijamin pengguna kendaraan pribadi bakal ribet sendiri mikir lewat jalan mana yg paling murah. Ketimbang ribet akhirnya naek kendaraan umum.

5. Pembatasan penggunaan jalan berdasarkan digit terakhir plat nomer dan pasaran. Digit terakhir 0 dan 1 hanya boleh lewat kalo pasarannya Pahing, 2 dan 3 kalo Legi, 4 dan 5 kalo Kliwon, 6 dan 7 kalo Pon, 8 dan 9 kalo Wage. Nah daripada harus nambah 4 kendaraan pribadi ato ribet nyari tau hari ini pasarannya apa kan mendingan naek kendaraan umum.

Kemarin gue iseng-iseng liat fenomena 3 in 1, wusss lewat Harley Fatboy dengan penunggang rapi pake dasi n jaket keren, trus ada juga Honda Goldwing yg lewat dan beberapa motor keren. Kayanya para eksutif itu jadi males kali naek mobil gara-gara macet. Bagus deh, biar mereka ngerasain asap knalpot PPD yang gila bow, high concentrate hehe. Pas deket lampu merah semanggi ada Harley Fatboy yang dikentutin PPD, whoaaa kapok kali tuh orang naek motor di belakang PPD.

Catatan Kaki :
[1] Kendaraan yg gue maxud disini adalah kendaraan yg makan tempat, yaitu kendaraan roda empat ato lebih.
[2] Liat point [1]
[3] Kendaraan perantara yg digunakan penumpang untuk mencapai rute RMT, contohnya : feeder bus, metro mini, mikrolet, bajaj, ojek dll.
[4] Jumlahnya bisa kurang bisa lebih, tergantung tingkat intelejensia.
[5] Liat point [4]

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home