Tuesday, March 02, 2004

Thing seems like circle rainbow called 'Halo'

Matahari Jakarta 2 Maret 2004Siang ini di Jakarta, pemandangan matahari keren banget. Matahari kaya dikelilingi ama pelangi. Sebenernya sih bukan pelangi tapi 'Halo', itu loh yang kadang2 muncul di sekeliling bulan ato matahari.

Halo mirip kaya pelangi, bedanya pelangi terbentuk karena pembiasan cahaya matahari oleh butiran2 air hujan. Halo muncul ketika kristal es yang dingin terbentuk di lapisan atas atmosfer. Kristal ini membiaskan cahaya yang berasal dari bulan ato matahari sehingga terbentuk lingkaran. Kata 'halo' berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya 'lingkaran bulan'.

Lalu kristal es itu darimana yah? Kristal es terbentuk dari uap air yang membeku pada temperatur rendah di lapisan atas atmosfer. Kristal es tadi kalo udah jenuh akan jatuh ke Bumi dalam bentuk hujan ato salju tergantung temperatur atmosfer di lapisan bawahnya. Di daerah sub-tropis yang temperaturnya rendah akan terbentuk salju. Sedangkan di daerah tropis akan terbentuk butiran2 air hujan.

Trus kenapa kristal esnya ga jatuh dan terjadi hujan? Need I say more? Kristal es tadi belon jenuh, makanya ga jatuh jadi air hujan. Cahaya matahari yang melewati lapisan kristal es tersebut akan dibiaskan sehingga terbentuk cincin halo berwarna pelangi. Sebagian cahaya matahari diteruskan oleh lapisan kristal tadi sehingga cuaca kelihatan cukup cerah. Secerah suasana hati gw siang tadi hehehe, tuing,, tuing,, tuing,, ;)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home